Pertandingan Timnas Indonesia Melawan Hongkong 17 Feb

Timnas Indonesia terus bersiap jelang tampil di Piala AFF 2018 dengan melakoni pertandingan uji coba. Kali ini, Indonesia akan menghadapi Hong Kong di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (16/10/2018). Dan inilah preview pertandingannya.

Menghadapi Hong Kong dalam laga uji coba internasional ketiga dalam persiapan menuju Piala AFF 2018, pelatih interim Timnas Indonesia, Bima Sakti, mencoba untuk mencoba komposisi pemain baru menyusul ada dua pemain baru yang dipanggil.

Pasca Rezaldi Hehanussa mengalami cedera dan Esteban Vizcarra dikembalikan ke klubnya seusai laga uji coba kontra Myanmar yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Rabu (10/10/2018), Bima Sakti memanggil dua pemain baru, yaitu Abduh Lestaluhu dan Andik Vermansah.

Abduh Lestaluhu kembali dipanggil memperkuat Timnas Indonesia setelah hampir dua tahun tak lagi berseragam Merah-Putih. Laga terakhir Abduh bersama Tim Garuda adalah final Piala AFF 2016 kontra Thailand, di mana sang pemain sempat membuat kontroversi dengan menendang bola ke arah bench pemain Thailand.

Sementara Andik Vermansah kembali dipanggil memperkuat Timnas Indonesia setelah lebih dari satu tahun tidak memperkuat Tim Garuda. Andik tercatat terakhir kali membela Tim Merah-Putih ketika laga persahabatan kontra Fiji di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 2 September 2018.

Dengan hadirnya wajah lama yang kembali dipanggil itu, Bima Sakti memiliki strategi untuk menjajal komposisi baru dalam timnya. Bima Sakti berharap bisa melihat semua pemain sebelum memutuskan siapa saja yang akan masuk daftar 23 pemain untuk Piala AFF 2018.

“Ini merupakan proses persiapan kami untuk AFF. Kita sama-sama tahu, di Piala AFF bukan hanya satu pertandingan, tetapi ada empat pertandingan yang harus dijalani di babak grup. Kami semua mempersiapkan pemain untuk bisa bermain kapan pun. Dalam setiap turnamen selalu ada masalah seperti pemain cedera, akumulasi kartu, jadi kami harus mempersiapkan semua pemain terbaik untuk masuk skuat,” ujar Bima.

“Saya selalu menekankan kepada semua pemain, setiap pemain itu memiliki pengaruh penting. Tidak ada pemain inti dan tidak ada pemain cadangan. Semua pemain dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan tim saat menghadapi tim lawan tertentu dan ketika dibutuhkan perubahan pemain,” lanjutnya.

Mengantisipasi Hong Kong

Kehadiran Abduh dan Andik membuat Bima Sakti memiliki opsi untuk mencoba komposisi baru di lini belakang dan sisi sayap. Bima Sakti pun menegaskan laga kontra Hong Kong akan sangat penting artinya untuk persiapan terakhir menuju Piala AFF 2018.

“Seperti pertandingan sebelumnya, pertandingan ini adalah persiapan kami menghadapi Piala AFF yang dimulai bulan depan. Kami juga punya beberapa perubahan dengan memanggil Abduh dan Andik yang memang sesuai dengan kebutuhan tim,” tuturnya.

Sementara bek Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata, mengakui laga kontra Hong Kong akan memberikan pengaruh baik dalam persiapan tim menuju Piala AFF.

Berkaca dari pertemuan dengan Timnas Hong Kong U-23 di Asian Games 2018, Hansamu merasa yakin uji coba ini sangat penting bagi Timnas Indonesia untuk mengantisipasi permainan bola mati dari lawan-lawan yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi.

“Kami sangat siap dan akan berusaha maksimal. Ini merupakan persiapan Piala AFF dan kami akan memberikan yang terbaik. Berkaca dari Asian Games, Hong Kong adalah tim yang bagus. Kami harus fokus untuk mengantisipasi permainan mereka, terutama di bola-bola mati karena kami kalah dalam hal postur tubuh sehingga kami harus mengantisipasi hal tersebut,” ujar kapten Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 itu.

Hong Kong Bidik Kemenangan

Di sisi lain, Timnas Hong Kong datang ke Indonesia sebagai bagian dari persiapan mengikuti babak penyisihan kedua EAFF E-1 Football Championship, yaitu turnamen seperti Piala AFF yang digelar di Asia Timur. Hong Kong akan memulai kiprah dari penyisihan kedua dan memperebutkan satu tiket menuju babak selanjutnya.

Hong Kong akan menghadapi Korea Utara, Mongolia, dan tim tuan rumah, Chinese Taipei. Laga uji coba kontra Indonesia akan menjadi persiapan kedua bagi Hong Kong setelah kalah 0-1 dari Thailand (11/10/2018).

Pelatih Hong Kong, Gary White, menegaskan timnya sangat antusias menghadapi Timnas Indonesia. Pelatih asal Inggris itu menegaskan pentingnya laga uji coba tersebut sebagai persiapan ke turnamen sepak bola Asia Timur.

“Kami datang ke sini yakin untuk menang. Kami sangat antusias menyambut pertandingan ini. Kami tahu mereka mendapatkan hasil yang bagus menghadapi Myanmar dan saya yakin laga kami menghadapi mereka akan bagus serta kompetitif,” ujar Gary White.

Namun, ia menolak untuk membahas pemain yang harus diantisipasi dari Timnas Indonesia. Gary menegaskan timnya perlu fokus untuk mempersiapkan diri menghadapi turnamen yang sebenarnya.

“Kami fokus terhadap tim kami sendiri. Namun, kami respek terhadap Indonesia, hanya tidak ingin fokus memperhatikan individu pemain mereka. Kami tahu beberapa pemain yang hebat, tapi kami memilih lebih fokus dengan persiapan tim kami sendiri,” ujarnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Fachruddin Aryanto, Abduh Lestaluhu (belakang); Zulfiandi, Evan Dimas, Stefano Lilipaly (tengah); Febri Hariyadi, Andik Vermansah, Beto Goncalves (depan)

Pelatih: Bima Sakti

Timnas Hong Kong (4-3-3): Yapp Hung Fai (kiper); Dani Cancela, Festus Baise, Lau Hok Ming, Leung Nok Hang (belakang); Huang Yang, Wong Wai, Leung Chun Pong (tengah); Jaimes McKee, Sandro, Alex Akande (depan)

Pelatih: Gary John White.