Olivier Giroud, Sang Supersub English Premier League

BabakTambahan – Striker tunggal Chelsea, Olivier Giroud sangat layak mendapatkan gelar ‘Supersub’. Bukan berarti bahwa pria asal Prancis itu melempem sebagai pemain inti. Namun Ia memiliki rekor bagus saat bermain sebagai pemain pengganti.

Pada laga ke-24 EPL, Selasa (16/02/2021), Olivier Giroud mengantarkan Chelsea sukses memetik 3 poin kala menjamu Newcastle United dengan skor akhir 2 – 0.

Olivier Giroud membuka keran gol tersebut setelah menggantikan peran Tammy Abraham di menit ke-20. Pria 34 tahun itu langsung mencetak gol 11 menit kemudian. Sementara gol kedua lainnya dicetak oleh Timo Werner pada menit ke-39.

Dengan hasil ini, The Blues sukses mengkudeta posisi ke-4 klasemen sementara dengan raihan 42 poin. Namun pasukan Thomas Tuchel tak puas dengan hasil itu, mereka akan memetik segala kemenangan demi mengejar Manchester City di puncak klasemen.

Supersub Terbaik EPL

Tuchel terpaksa menarik Tammy Abraham lantaran cedera. Pelatih asal Jerman itu tak punya pilihan lain selain memasukkan Olivier Giroud sebagai penggantinya.

Alhasil, eks Bomber Arsenal itu merubah jalannya permainan. Terbukti bahwa Giroud hanya perlu beberapa menit untuk membuktikan kapasitasnya sebagai Supersub terbaik EPL. Ia mencetak gol sesuai melakukan kerja sama epik dengan Timo Werner.

Sejauh ini, Striker jangkung itu telah menorehkan 4 gol selama musim 2020-2021.

Tak hanya itu, Opta mencatat bahwa prestasi Giroud sangat baik sejak menjadi pemain pengganti. Tercatat bahwa predator haus gol itu telah mengemas 21 gol. Namun prestasi tersebut terpaut 3 gol dari eks penyerang Tottenham Hotspur, Jermain Defoe.

Catat 100 Pertandingan Sebagai Pengganti

Laporan itu juga menyebut bahwa Olivier Giroud telah mencatat 100 pertandingan sebagai pengganti. Tentunya tidak banyak pemain yang mampu menorehkan prestasi tersebut dengan hasil memuaskan.

Sejauh ini, Giroud menjadi salah satu dari 17 Striker English Premier League yang mengemas 100 laga sebagai pengganti. Catatan tersebut mungkin masih bisa Ia rubah selagi mendapatkan kesempatan bermain bersama Chelsea.

Namun data lain mengatakan bahwa Ia tak kan mungkin menjadi Supersub. Sebab Tammy Abraham masih terkapar lantaran cedera. Dengan kondisi ini, Tuchel pasti akan menurunkannya dalam skuad utama The Blues.