Mulai Kocak, 12 Tim Terbaik Eropa Ramaikan European Super League

BabakTambahan – Dunia sepakbola memang akrab dengan drama. Dan kali ini sejumlah klub papan atas Eropa mulai meresmikan Liga tertutup mereka yang dikenal dengan sebutan European Super League (ESL).

Kabarnya, kompetisi European Super League ini telah tercium ke publik mulai Minggu (18/04/21). Tercatat bahwa ada 12 klub yang siap untuk meramaikan Liga tersebut dan mengumumkannya secara resmi.

Dan pada Senin (19/04/21) waktu setempat, semua klub yang berlaga di pentas European Super League telah resmi diumumkan. Bersatunya semua klub tersebut bertujuan untuk menayangkan laga akbar pasca libur akhir musim. Dan menariknya, hanya klub yang terdaftar pada Liga tersebut menjadi pihak pengelola.

12 Klub Terdaftar

Menurut laporan Bola.net, ada 12 klub terbaik Eropa dari 3 Liga berbeda yang sudah terdaftar dalam kompetisi European Super League, di antaranya;

  1. Barcelona – La Liga
  2. Real Madrid – La Liga
  3. Atletico Madrid – La Liga
  4. Juventus – Serie A
  5. Inter Milan – Serie A
  6. AC Milan – Serie A
  7. Arsenal – English Premier League
  8. Chelsea – English Premier League
  9. Manchester United – English Premier League
  10. Manchester City – English Premier League
  11. Liverpool – English Premier League
  12. Tottenham – English Premier League

Ada yang aneh dari beberapa klub di atas. Sepantasnya Borussia Dortmund, Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain melengkapi hingga genap 15 tim. Akan tetapi ketiganya masih belum memberikan pernyataan resmi tentang keikutsertaannya dalam kompetisi tersebut.

Alasan Diadakan

Semua klub tersebut tentu memiliki alasan tersendiri mengapa harus menciptakan European Super League. Salah satunya adalah meningkatkan neraca keuangan klub hingga sponsor serta semua pihak yang bersangkutan.

Kompetisi tersebut masih baru lahir, namun kabarnya akan ada persaingan yang sangat ketat terjadi saat Liga domestik mulai aktif. Sebab kompetisi ESL terbagi menjadi 2 group yang terdiri atas 10 tim. Nantinya 3 tim teratas dari masing – masing grup akan mengisi partai perempat final. Sementara sisa 2 lagi diperuntukkan pada posisi 4 dan 5 melalui format play-off.

Pada laga final, penentuan stadion akan ditetapkan secara netral. Dan bisa jadi bahwa kompetisi ini akan mengalahkan beberapa Liga atau Turnamen lainnya yang hingga kini masih aktif.