Kursi Kepelatihan Barcelona Mulai Panas, Xavi Hernandez Siap Turun Tangan

BabakTambahan – Legenda hidup Barcelona, Andres Iniesta merasa senang jika mantan tandemnya, Xavi Hernandez menjabat sebagai pelatih baru El Barca. Sebab saat ini Ronald Koeman mulai kesulitan mencari performa terbaik untuk mengembalikan masa kejayaan klub.

Beberapa waktu lalu, kabar tentang pemecatan Koeman telah ramai menciut di sejumlah media. Pihak manajemen menilai bahwa pelatih asal Belanda itu masih kurang menghasilkan prestasi yang sesuai ekspektasi.

Menurut laporan Sport, Xavi Hernandez digadang – gadang sebagai pelatih yang tepat untuk memulihkan nama baik klub.

Berdasarkan sudut pandang Iniesta, Xavi Hernandez sangat paham betul bagaimana filosofi permainan El Blaugrana. Pria 41 tahun memang layak menemani skuad utama Barca di pinggir lapangan.

Paham Segalanya

Iniesta menambahkan kalau Xavi Hernandez merupakan pilihan yang tepat jika harus meneruskan posisi Ronald Koeman. Sebab pria asal Spanyol itu tak hanya paham segalanya tentang klub, melainkan telah menjadi denyut nadi hingga detik ini.

Kembalinya Xavi ke dalam skuad Barcelona akan memberikan dampak yang begitu besar. Sebab sebelumnya, pria yang kini menjadi pelatih Al Sadd itu selalu sukses mempersembahkan gelar bergengsi per musim.

“Saya pikir Xavi lebih layak jika dibandingkan dengan kandidat lain untuk mengisi kursi kepelatihan klub. Karena Ia selalu tampil konsisten di setiap pertandingan,” ucap Iniesta.

“Semua pasti ada tantangannya. Namun bagi saya, Ia siap turun tangan dalam kondisi apa pun,” tandasnya.

Ingin Bereuni

Sebelumnya Barcelona menunjuk Ronald Koeman sebagai manajer baru, nama Xavi Hernandez telah menjadi kicauan publik. Beberapa pihak menilai bahwa mantan kapten Timnas Spanyol itu mampu mempertahankan filosofi permainan klub.

Iniesta pun beranggapan bahwa Xavi sempat ingin bereuni dengan Barcelona sekalipun itu hanya menjabat sebagai official. Namun baginya, Xavi lebih layak jika duduk sebagai pelatih.

“Pengalaman Xavi selama berada di Barcelona tentu sangat besar. Di sisi lain, Ia pun berhasil menampilkan irama paling indah sejak terjun sebagai pemain inti,” tegas Iniesta.

“Tapi untuk saat ini Joan Laporta masih memberi kesempatan emas bagi Ronald Koeman. Jadi kita lihat saja apa yang akan terjadi nanti,” tutupnya.