Kailani Johnson, Peselancar Wanita Indonesia Pertama yang Lolos ke Liga Selancar Dunia

Kailani Johnson berhasil menjadi peselancar wanita Indonesia pertama yang lolos ke Liga Selancar Dunia (World Surf League/WSL) setelah mendapat wildcard untuk mengikuti kejuaraan selancar dunia Corona Bali Protected pada 13-25 Mei.

Keikutsertaan Kailani Johnson pada Corona Bali Protected merupakan debutnya di tingkat elite sekaligus membuat sejarah dengan menjadi peselancar wanita Indonesia pertama yang berkompetisi pada Championship Tour.

Sebelumnya, Kailani Johnson pernah mengikuti ajang Krui Pro dan finis di posisi sembilan. Hasil tersebut memberikan kesempatan Kailani menerima wildcard karena menjadi peselancar Indonesia dengan peringkat tertinggi yang bersaing dalam 2019 Qualifying Series.

Kailani Johnson dikenal sebagai peselancar goofyfoot karena terbiasa berselancar dengan menggunakan teknik backhand.

Teknik tersebut yang akan digunakan Kailani dalam menghadapi juara dunia Stephani Gilmore dan Nikki Van Dijk di babak pertama.

Penyelenggara Liga Selancar Dunia (WSL) memberikan komentar positif terkait keiutsertaan Kailani Johnson.

“Ini merupakan suatu hal yang penting untuk mendukung komunitas perempuan lokal. Kami senang dapat memberikan kesempatan Kailani untuk berkompetisi dan bersinar di kampung halamannya,” ujar Jessi Miley-Dyer.

Corona Bali Protected digelar di Pantai Keramas, Bali, 13-25 Mei 2019.