Edmond Tapsoba, Momok Baru Erling Haaland

BabakTambahan – Ada yang menarik dari laga antara Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund pada Matchday ke-17 Bundesliga. Dimana Striker Die Borussen, Erling Haaland dibuat tak berdaya oleh Edmond Tapsoba.

Pertandingan tersebut cukup berjalan ketat, namun Leverkusen sukses mengakhiri permainan dengan skor 2 – 1. Edmond Tapsoba yang bertugas mengawal Haaland mampu melakukan aksinya dengan baik.

Buktinya Haaland nyaris tidak punya kesempatan untuk melakukan tendangan ke arah gawang. Selama 90 menit waktu normal, Striker asal Norwegia itu hanya meluncurkan 2 Shoot on Target yang semuanya berhasil dipatahkan oleh Edmond Tapsoba.

Semua mata tertuju pada bek asal Burkina Faso itu. Pasalnya, Ia merupakan momok baru Haaland dalam kompetisi profesional.

Meskipun bek 22 tahun itu gagal memberikan Clean Sheet bagi timnya. Namun setidaknya Ia sukses mengunci permainan Haaland.

Pemain Muda Berbakat

Edmond Tapsoba merupakan pria kelahiran Ouagadougou, Burkina Faso. Pemain muda berbakat itu mengawali karirnya bersama Salitas pada tahun 2014. Kemudian melebarkan sayapnya di US Ouagadougou.

Di tahun 2018, Ia diangkut klub asal Liga Portugal, Victoria Guimaraes. 4 musim berikutnya, Bayer Leverkusen mendapatkan tanda tangannya lantaran kualitas sang pemain cukup bagus.

Menelisik kemenangan atas Dortmund, Tapsoba sangat senang karena mampu mengawal ketat gerak – gerik Haaland. Karena sejatinya, Striker jangkung itu sangat buas di depan muka gawang. Namun pada laga itu, Ia seolah – olah tidak berperan sebagai penyerang.

Mirip Jerome Boateng

Beberapa laporan dari media Jerman mengatakan, Edmond Tapsoba memiliki gaya bermain yang sama dengan bek Bayern Munchen, Jerome Boateng.

Namun sisi lebihnya, eks bek Victoria Guimaraes itu unggul dalam kecepatan. Laporan tersebut menyebut bahwa dirinya akan menjelma sebagai bek terbaik dunia di masa depan.

Sebab sejauh ini, Boateng sudah menginjak kepala 3. Dan itu berarti Tapsoba memiliki kesempatan untuk menjadi momok terbaru bagi semua Striker lawan, khususnya pada Liga Bundesliga.

Pelatih Bayer Leverkusen, Peter Bosz merasa bangga atas penampilannya. Dan tentunya aksi pemain tersebut akan membantu timnya meraih masa kejayaan di musim depan.