Cari Aman, Bayern Munchen Tolak Rayuan European Super League

BabakTambahan – Sang juara bertahan Liga Bundesliga, Bayern Munchen telah menyatakan secara resmi bahwa mereka sama sekali tidak tertarik dengan rayuan European Super League (ESL). Die Roten sangat mengecam penyelenggaraan Liga tersebut.

Beberapa waktu lalu sempat ada kabar panas tentang rencana berlangsungnya ESL. Banyak pihak yang menilai bahwa kompetisi tersebut lebih mengutamakan uang dari pada filosofi sepakbola yang sebelumnya. Bayern Munchen merupakan salah satu tim yang tidak tertarik untuk menjadi peserta kompetisi tersebut.

ESL telah disepakati oleh 12 klub terbaik Eropa. Sepertinya mereka masih mencari 3 peserta tambahan untuk mewujudkan kompetisi resmi. Bayern Munchen digadang – gadang sebagai tim inisiator, namun mereka menolak mentah – mentah usulan tersebut.

UCL Lebih Penting

Beberapa publik menilai bahwa kucuran dana pada pentas ESL lebih besar dibanding Liga Domestik dan Liga Champions. Namun Presiden Bayern Munchen, Herbert Hainer menegaskan bahwa timnya tak kan pernah menjadi salah satu bagian di dalamnya.

Hainer menyebut, UCL lebih penting dari pada ESL. Ia pun menilai bahwa keberadaan pentas ESL sangat tidak berguna bagi semua klub. Terlebih lagi semua tim dan para pemain yang masuk di dalamnya tak kan lagi terjun untuk memperkuat Timnas di pentas World Cup dan tersingkir dari Liga Domestik.

“UEFA telah memberikan segalanya bagi para klub sejak beberapa tahun terakhir. Dan seharusnya kompetisi ESL tidak boleh terjadi,” tegas Hainer.

“Kami melihat bahwa Liga Champions merupakan kiblat sepakbola Eropa sejak lama. Sudah semestinya beberapa tim ESL tidak mengambil keputusan yang singkat,” sambungnya.

UCL Tetap yang Terbaik

Di satu sisi, CEO Bayern Munchen Karl Heinz-Rummenigge juga angkat bicara soal kompetisi ESL. Ia mengatakan bahwa UCL tetap yang terbaik dan tak kan pernah ada tandingannya.

“Uang merupakan tujuan utama seluruh klub dan pemain dalam dunia sepakbola. Namun ketika Anda membelot ke arah yang salah, maka Anda akan mengalami hal yang sangat buruk ke depannya,” ucap Rummenigge.

“Kami selalu setia pada UCL. Terlebih lagi kami telah banyak mendapatkan kenangan manis pada kompetisi tersebut. Jadi uang tak kan mampu menyulap kami untuk berlaga pada pentas ilegal,” tutupnya.