Arsenal Kembali Dipermainkan VAR, Mikel Arteta: Saya Sudah Muak!

BabakTambahan – Pelatih Arsenal, Mikel Arteta terlihat tidak nyaman pasca menjalani laga berat antara Arsenal vs Everton dalam lanjutan pentas EPL, Sabtu (24/04/2021) dini hari WIB.

Terbukti bahwa pasukan Mikel Arteta harus pulang dengan tangan kosong lantaran kalah tipis 0 – 1. Ironisnya, VAR yang saat itu beroperasi telah dituding untuk mempermainkan The Gunners. Hasilnya mereka tidak dapat bersaing untuk lolos ke babak Liga Champions musim depan.

Sesuai catatan, Arsenal di bawah kepelatihan Mikel Arteta sering mendapatkan ketidaknyamanan sejak kemunculan VAR. faktanya tim asal London Utara itu mengalami banyak nasib buruk dibandingkan dengan tim lain.

Pada laga itu, Arsenal sempat nyaris membuat keuntungan apabila VAR tidak menganulir posisi Nicolas Pepe yang sebelumnya berada pada posisi Offside.

Tak hanya gagal mendapatkan hadiah penalti, The Gunners pun harus kehilangan 3 angka hingga usai laga.

Sangat Mengganggu

Malam itu membuat Arsenal merasa dirugikan. Sebelumnya Pepe pernah melakukan hal yang sama, namun beberapa wasit tetap membiarkannya meneruskan rencana penyerangan.

Akan tetapi hal itu sangat berbeda pada pertandingan kali ini. Dimana VAR langsung mendeteksi bahwa posisi Pepe lebih dekat dengan posisi offside. Dan itu artinya kinerja VAR dinilai kurang bagus. Walau begitu hasil akhir dalam suatu pertandingan tidak dapat dirubah.

Mikel Arteta menyebut bahwa VAR sangat mengganggu kelangsungan permainan sepak bola. Karena sebelumnya, banyak tim lain yang dirugikan berkat adanya teknologi tersebut.

“Hari ini saya sangat kecewa dengan keputusan VAR. Karenanya kami sangat kesulitan untuk mengejar ketertinggalan para rival lainnya,” tegas Arteta.

Gagal Paham

Proses terjadinya offside tersebut dinilai sangat absurd dan mungkin akan merugikan Arsenal. Seharusnya pasukan Mikel Arteta pulang dengan memetik hasil imbang atau 3 poin. Akan tetapi keputusan wasit bergantung pada VAR.

“VAR terlihat banyak membantu proses penyerangan Everton. Namun saya tidak terlalu detail memantaunya,” ucap Arteta.

“Saya pun gagal paham dengan keputusan tersebut. Jika diputar kembali tayangan ulang tersebut, saya kanin bahwa Ia lolos dari jebakan offside,” tutupnya.