7 Pilar Barcelona Cedera, Ronald Koeman Bongkar Gudang

BabakTambahan – Berita tak sedap datang dari pentas La Liga. Dimana salah satu klub terbaik Barcelona dilanda krisis cedera. Hal itu membuat pelatih Ronald Koeman harus membongkar gudang pada pemain muda untuk mengimbangi kekosongan di berbagai lini.

Bisa dibilang bahwa pasukan Ronald Koeman musim ini telah kejatuhan tangga. Sebab Barca masih belum merampungkan urusan Financial Fair Play yang ditetapkan operator La Liga.

Di Liga domestik, Ronald Koeman sukses memperlihatkan tajinya. Pelatih asal Belanda itu mengawali musim tanpa kekalahan. Ironisnya, Ia harus kehilangan pemain terbaiknya.

Teranyar, El Barca harus menelan kekalahan pahit di markas sendiri pada Liga Champions. Mereka dipermalukan Bayern Munchen dengan torehan 3 gol tanpa balas di markas sendiri.

Kehilangan Bintang Utama

Nasib buruk di pentas Eropa tersebut memaksa Ronald Koeman harus kehilangan beberapa bintang utamanya. Beberapa bulan terakhir, Sergino Dest, Martin Braithwaite, Sergio Aguero, Ousmane Dembele dan Ansu Fati masih belum keluar dari meja operasi.

Terbaru, Jordi Alba dan Pedri juga turut mengikuti jejak mereka pasca kekalahan atas Bayern Munchen. Situasi tersebut menjadi pukulan keras pelatih 58 tahun itu. Sebab Ia tak punya pilihan lain selain memasukkan pemain muda.

Benahi Tembok Pertahanan

Mengulas dari kekalahan atas Bayern, sejatinya tembok pertahanan Barcelona terbilang sangat keropos. Sebab Ronald Koeman telah meluncurkan formasi baru 5-3-2, namun taktik tersebut mudah ditembus.

Diyakini bahwa Koeman akan menggunakan formasi utama 4-3-3 pada leg kedua kala bertandang ke markas Die Roten.

Ia masih akan menggunakan jasa Gerrard Pique dan Oscar Mingueza di lini belakang. Sementara Araujo dan Balde akan diberi kesempatan menyusul kepastian Alba.

Rombak Lini Serang

Barcelona dikenal sebagai tim yang paling agresif dalam sektor penyerangan. Namun beberapa pemain depan masih harus menepi. Koeman akan merombak lini serang sekalipun harus menurunkan pemain muda.

Memphis Depay masih tetap aman mengisi posisi depan. Sementara dua Striker sayapnya, Koeman akan berjudi untuk memainkan Yusuf Demi dan Gavi.

Sementara duet Frenkie de Jong dan Luuk de Jong tetap mengawal di sektor tengah.