4 Tugas Berat Xavi Hernandez di Barcelona

BabakTambahan – Pelatih anyar Barcelona, Xavi Hernandez memang belum melakoni laga debutnya sejak didatangkan dari Al-Sadd beberapa waktu lalu. Namun pelatih asal Spanyol itu langsung mengemban tugas berat saat berdiri di pinggir lapangan.

Menukil dari Marca, Xavi Hernandez tidak banyak memiliki pengalaman sebagai pelatih. Akan tetapi manajemen Barca memilihnya lantaran merupakan legenda hidup yang paham filosofi permainan klub.

Menjadi pelatih Barcelona memang tidak mudah bagi Xavi Hernandez. Sebab Ia harus membenahi berbagai kekurangan yang terjadi di musim ini. Apa saja hal itu? Berikut uraian lengkapnya!

Kudeta Puncak Klasemen

Sejak awal musim, Barcelona sukses menjalankan start bagus. Namun belakangan ini, permainan tim mulai merosot, pada akhirnya manajemen klub terpaksa memutus kontrak Ronald Koeman dari kursi kepelatihan.

Xavi Hernandez harus mampu mengkudeta posisi puncak klasemen sementara. Karena saat ini Blaugrana terlempar dari posisi 10 besar.

Kehadiran pria 41 tahun itu diyakini mampu mengatasi masalah tersebut. Sebab Ia tak pernah gagal membawa timnya menjauh dari 3 besar saat membela Barcelona.

Lolos Fase Grup Liga Champions

Pentas Liga Champions merupakan pembuktian bagi semua tim papan atas Eropa. Di musim ini, performa Barcelona ternilai buruk pada kompetisi tersebut.

Naasnya, mereka nyaris tidak mampu meloloskan diri dari fase grup. Saat ini, Barcelona berada di grup E tergabung dengan Bayern Munchen, Benfica dan Dynamo Kyiv.

Xavi Hernandez wajib membawa timnya menang 2 kali untuk bisa tembus babak 16 besar. Karena saat ini, mereka berada di urutan ke-2 dengan raihan 6 poin, disusul Benfica dengan perolehan 4 poin dan Dynamo Kyiv 1 poin.

Anti Messi

Dan tugas berat lainnya yaitu tidak bergantung pada Lionel Messi. Sejatinya pemain asal Argentina itu telah cabut dari Camp Nou dan bergabung dengan PSG.

Diketahui bahwa Messi merupakan nyawa klub sejak puluhan tahun lalu. Namun kini permainan klub berubah sejak kehilangan dirinya.

Pihak klub meminta agar Xavi mampu memaksimalkan pemain muda dan penyerang utama untuk memetik rentetan hasil positif.