2 Tahun Lagi, Serie A Larang Jersey Hijau

BabakTambahan – Sepak bola merupakan salah satu drama terbaik di dunia. Pasalnya Liga Italia Serie A bakal melarang semua klub yang memakai jersey warna hijau di musim 2022-2023.

Walau aturan tersebut akan berjalan 2 tahun lagi, namun Serie A telah memutuskan pengumuman itu beberapa waktu lalu. Tujuannya agar semua klub bisa mempertimbangkan warna jersey Home and Away.

Tak hanya warna jersey saja yang mendapatkan aturan keras. Namun Serie A juga menetapkan aturan warna seperti celana dan kaus kaki. Yang berarti jika klub memakai 3 warna, maka mereka wajib memilih 1 warna yang terlihat dominan.

Sementara warna dominan itu bukan merupakan hijau, melainkan warna lain.

Ajuan Beberapa Televisi

Seperti dilaporkan Football Italia, larangan penggunaan jersey hijau tersebut bukan merupakan ketentuan utama Serie A. Namun beberapa perusahaan televisi yang bertindak sebagai layanan siaran langsung telah mengajukan permintaan tersebut.

Mereka menilai bahwa penggunaan jersey hijau akan menyatu dengan warna rumput. Sehingga aktivitas pertandingan kurang nyaman dipandang. Bagi mereka, kedua warna itu akan menyatu dengan background.

Permintaan tersebut terbilang masuk akal lantaran warna jersey dan background lapangan sangat berpengaruh pada jalannya laga. Terlebih bagi penonton yang berada di tribun paling atas.

Pertimbangan Sejumlah Klub

Sejauh ini Sassuolo merupakan klub Serie A yang menggunakan warna hijau pada jersey utama. Walau mereka memadukan antara garis hitam dan hijau, namun warna dominan mereka adalah hijau.

Diyakini bahwa mereka akan mempertimbangkan warna dominan baru sebagai jersey kandang di musim depan. Sekalipun tidak meninggalkan warna hijau, namun warna tersebut akan dijadikan sebagai pemanis jersey.

Diketahui bahwa bukan hanya Sassuolo saja yang pernah menggunakan jersey hijau. Beberapa musim lalu, klub sekelas Atalanta, Lazio, Inter Milan hingga Juventus pun terlibat dalam penggunaan warna hijau. Namun warna tersebut digunakan khusus laga tandang.

Teranyar, Venezia FC yang merupakan klub penantang baru juga bakal merubah warna jersey utama mereka. Kabarnya, I Lagunari akan berfokus pada warna orange dan hitam.